Ini Fakta Rahasia Piramida Mesir

0
965

METROklik –  Piramida Mesir banyak menyimpan misteri yang hingga kini masih diselidiki secara mendalam oleh para ilmuwan.

Ada banyak versi yang dikisahkan soal dibangunnya Piramida tersebut, bahkan ada yang menduga memakai ilmu gaib sehingga bangunan dapat berdiri kokoh.
Padahal ada beberapa fakta yang tidak begitu populer tentang piramida, dan wajib Anda ketahui.  Berikut ulasannya.

1. Berapa banyak batu yang digunakan?

Piramida memiliki sekitar 2.300.000 blok batu yang masing-masing beratnya 2 sampai 30 ton. Bahkan ada beberapa blok yang beratnya lebih dari 50 ton. Bisa Anda bayangkan seberapa kuat orang yang menyeret batu-batu itu? Mungkin karena hal inilah banyak yang menganggap bangunan ini dibuat oleh alien.

2. Luasnya

Dasar Piramida memiliki luas 55.000 meter persegi dengan masing-masing sisi memiliki luas lebih dari 20.000 meter persegi. Mungkin ini bukan fakta istimewa. Tapi tahukah Anda? Luas Piramida baru diketahui setelah berabad-abad. Hal yang tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan modern hingga kini adalah pengetahuan Matematika dan Astronomi yang dimiliki masyarakat Mesir Kuno.

3. Temperatur konstan

Suhu atau temperatur udara di dalam Piramida adalah konstan, cenderung sejuk dan tidak pernah lebih dari 20 derajat celcius, meskipun bangunan ini berada di tengah-tengah padang pasir yang panas. Suhu konstan inilah yang kemudian mampu menjaga kondisi mumi Firaun tetap baik selama berabad-abad.

4. Bisa bersinar

Awalnya, Piramida ditutupi dengan lapisan batu kapur. Lapisan ini kemudian dapat memantulkan cahaya matahari sehingga membuat Piramida tampak bersinar seperti berlian.

Lapisan batu kapur ini kemudian tidak ada lagi karena orang-orang Arab menggunakannya untuk membangun masjid setelah gempa bumi pada abad ke-14.

Sejarawan dan arkeolog mengklaim bahwa Piramida asli berwujud seperti cermin raksasa dan memantulkan cahaya begitu kuat sehingga terlihat dari bulan bagaikan ” bintang” yang bersinar di bumi.

5. Bagian dalam Piramida

Piramida adalah satu-satunya bangunan di Mesir yang dikenal memiliki bagian dalam yang naik dan turun. Bagi mereka yang ingin mengunjungi kamar raja, mereka harus berjalan membungkuk ke bawah. Setelah itu baru mereka dapat memasuki ruang raja.

6. Pintu putar Piramida

Piramida Agung Giza ternyata memiliki pintu putar pada bagian pintu masuk. Beratnya 20 ton dan dapat dengan mudah dibuka dari dalam. Namun pintu ini tak terlihat dari luar.

7. Tak bisa membangun kembali hari ini

Arsitek terbaik di dunia pun diyakini tak akan mampu membuat bangunan serupa Piramida. Diperlukan teknologi yang tepat seperti yang dimiliki masyarakat Mesir Kuno untuk membangun Piramida. Namun sayangnya, hingga kini teknologi tersebut masih menjadi misteri.

8. Sphinx

Sphinx memiliki ketinggian 73,5 meter. Monumen ini dibangun pada masa pemerintahan Khafra. Makhluk itu adalah makhluk yang ada dalam mitos-mitos Yunani Kuno, Mesir, dan Asia Selatan.

Legenda mengatakan bahwa Sphinx memiliki teka-teki yang sangat sulit untuk dijawab. Banyak yang mencoba menjawab namun gagal dan dimakan oleh makhluk setengah singa setengah manusia itu.

Teka-tekinya adalah: makhluk apa yang berjalan dengan empat kaki di pagi hari, dua kaki pada siang hari dan tiga kaki pada malam hari? Dalam legenda, pahlawan Oedipus menjadi satu-satunya orang yang berhasil menjawab teka-teki. Ia menjawab, ” manusia” . Dan jawabannya pun akhirnya berhasil membunuh Sphinx.

9. Segala kemewahan ada di dalamnya

Sejarawan mengatakan, tujuan Piramida dibangun bukan semata-mata sebagai makam tapi sebagai rumah yang kekal bagi raja setelah kematian. Piramida Giza dibangun dengan sistem terowongan yang dirancang apik. Emas, berlian, mahkota raja, pakaian terbaik, mumi kucing, madu, dan makanan terdapat di dalamnya. Benda-benda itu dimaksudkan untuk melayani dan menemani raja di akhirat. (*)

Sumber: trendingpost.net dan Dream.co.id
Editor : Gaudentius

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here