Gerakan #Masadepan Dorong Prilaku Hidup Sehat Kota Manado

0
408

 

METROklik Manado – Gerakan #Masadepan Kota Manado, dengan penggagas Franko C Wangko, turut peduli di sektor kesehatan. Dengan faktor penentu utama perbiasakan pola hidup sehat.

“Saya percaya kita semua ingin masadepan Manado yang lebih sehat dan sejahtera. Mari kita mulai meningkatkan kepekaan dari hal terdekat kita, karena penduduk yang sehat akan menciptakan generasi yang hebat,” ujar Franko.

Dia mengatakan kerjasama pemerintah Kota Manado dengan Dinas Kesehatan, sangat dibutuhkan untuk menuntaskan permasalahan kesehatan secara cepat dan tepat.

“Dimulai dari menjaga kebersihan, rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan hiegenis untuk membiasakan pola hidup yang sehat dari dini,” tandan Franko.

Saat ini, lanjut dia, Kota Manado memiliki 12 rumah sakit ,16 puskesmas dan lebih dari 4000 petugas kesehatan.  Tetapi program kesehatan seperti sosialisasi pencegahan dan penanganan belum optimal. Terbukti masih ada lebih dari 800 kasus DBD, 2500 kasus HIV/AIDS serta masih ada 18 penyakit yang berpotensi  menimbulkan wabah.

“Kedepannya kita harus fokus dalam program promosi kesehatan, bukan hanya pada kebijakan makro tetapi sampai pada kesehatan disektor rumah tangga,” ucap Franko.

Karena dalam lingkup kesehatan, menurut dia, rumah tangga pun  tahun 2015 hanya 9963 keluarga yang memiliki toilet dari 14.563 jumlah keluarga keseluruhan. Artinya  sekitar 4600 keluarga yang belum memiliki toilet.

“Situasi dan kondisi yang masih jauh dari standard kelayakan ini sangat berpotensi menimbulkan penyakit, Lingkungan yang tidak sehat tidak akan bisa menciptakan pola hidup yang sehat,” papar Franko. (hgp)

Editor : Gaudentius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here