PKM  Kelompok Ternak Babi Desa Tenga, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, Propinsi Sulawesi Utara

0
1045

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pelaksana :
Ir. Jantje.F.Paath,MSi
Ir.Vonny.R.W.Rawung,MSi

DESA  Tenga, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan memiliki kelompok Tani Ternak babi yaitu “Gracia” dan “Anugerah” yang telah lama mengembangkan peternakan babi.

Permasalahan dari usaha ternak babi di desa Tenga belum melaksanakan proses produksi ternak babi yang ramah lingkungan, sehingga perlu melakukan penataan usaha budidaya dengan pengembangan kawasan peternakan babi yang ramah lingkungan di desa Tenga.

Tujuan penataan usaha budidaya babi ramah lingkungan adalah agar masyarakat peternak babi dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam upaya untuk mengendalikan pencemaran lingkungan.

Berdasarkan permasalah diatas telah diintroduksi satu model aplikasi teknologi alternatif pengolahan limbah cair yaitu memanfaatkan tanaman sebagai biofiltrasi alami yaitu Kangkung (Ipomoea aquatic) dan  pembuatan kompos untuk  pengolahan limbah padat dengan memanfaatkan EM4 (efective microorganism).

Kegiatan ini  direspons dengan baik oleh anggota kelompok, metode penyuluhan dan demontrasi pembuatan kompos mampu memperbaiki  67% pengetahuan anggota kelompok tentang teknologi pengolahan limbah yang ramah lingkungan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here