Terbaru, Ini “Hadiah” Jokowi Untuk Sulut

METROklik Manado – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampaknya terus memperhatikan pembangunan di Sulut.

Hal terbaru akan ada pembangunan fasilitas listrik tenaga sampah (PLTSa). Rencana tersebut mencuat pada saat digelar rapat terbatas (ratas) yang dihadiri langsung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (16/07/2019).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan PLTSa sangat penting. Namun disayangkan sampai sejauh ini, belum menunjukkan hasil yang signifikan. Padahal telah berulang kali diselenggarakan. Ternyata, yang menjadi penyebabnya adanya perbedaan harga pembelian listrik dari PLN.

Jokowi menekankan agar PLN mengikuti harga pembelian berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Jokowi, sebelumnya telah menandatangani Perpres Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan. Perpres ini dikeluarkan dengan pertimbangan untuk mengurangi volume sampah secara signifikan.

PLTSa ini akan dikelola oleh pemerintah daerah. Ada 12 daerah yang akan mengelolanya, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Palembang dan Kota Manado.

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa sedikitnya sudah 6 kali dilaksanakan ratas mengenai PLTSa. Namun sampai saat ini belum ada kemajuan yang berarti. Proyek terkait TPSa masih belum ada yang rampung.

“Sampai sekarang belum ada kemajuan yang berarti. Mudah-mudahan ratas sekarang ini, sudah ada yang selesai,” ujar Jokowi. [gau]

(Visited 66 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan