Perangkat Daerah Tomohon Diminta Proaktif Isi Data Ini

0
273

METROklik Tomohon – Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Tomohon harus proaktif mengisi data yang akurat, untuk menjadi acuan dalam pelaksanaan dan pengambilan keputusan.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir H V Lolowang MSc, pada Rakor Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), bertempat di aula Inspektorat Kota Tomohon, Senin (23/09/2019).

“Sistem Informasi yang tepat dan secara online dalam suatu organisasi, memudahkan pengguna dalam mengakses data kapanpun dan dimana saja. Sehingga memberikan sebuah gambaran kinerja organisasi yang akurat bagi penggunanya dalam pengambilan keputusan,” ujar Lolowang.

Lanjut dia, melalui pengelolaan Sistem Informasi Pembangunan Daerah yang baik dan akurat, akan meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas perencanaan, Pengumpulan, Pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah

“Dalam proses penginputan data kiranya dapat mengkoordinasikan dengan Bapelitbangda, agar permasalahan yang nantinya ditemui dapat terselesaikan dengan baik. Sesuai kategori pengisian data yang telah disampaikan,” ungkapnya.

Sementara Kaban Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tomohon Royke Roeroe SP MAP, mengatakan kegiatan SIPD menyediakan data /informasi Pemerintahan Daerah, meliputi informasi pembangunan daerah yang dikelola dalam satu sistem SIPD berdasarkan Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang SIPD.

“Tujuan Rakor ini meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian. dan evaluasi pembangunan daerah, melalui penguatan data dan informasi yang akurat. Serta mengoptimalkan pengimpulan, pengisian, evaluasi serta pemanfaatan data, meningkatkan katerisian data dan informasi pembangunan daerah,” paparnya. [gau]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here