Polisi Turut Dalami Kelompok JAD di Manado, Terkait Penusukan Wiranto

METROklik – Kasus penikaman terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, terus didalami pihak kepolisian. Polisi meluruskan bahwa pelaku penikaman Wiranto,  berinisial SA hanya simpatisan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), bukan termasuk dalam struktur.

“Afiliasinya saja yang ke JAD. Tidak secara eksplisit bahwa dia (SA) itu JAD,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Dedi Prasetyo konferensi pers di Gedung Mabes Polri, Jumat (11/10/2019).

Polisi menemukan fakta bahwa SA merupakan rekrutan salah satu tokoh sentral JAD, yakni Abu Zee. Tapi, bukan berarti SA ini langsung masuk ke dalam JAD. “Abu Zee ini tokoh sentral. Cuma di sini terlalu banyak kelompoknya,” ujar Dedi.

Kepastian itu didapat polisi setelah Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap beberapa orang yang merupakan bagian dari JAD.

Diketahui, Densus menangkap satu orang terduga teroris di Bandung dan Manado. Di Bali, tim Densus juga menangkap dua orang terduga teroris di Bali. “Untuk kelompok ini, berangkat dari pengungkapan di Sibolga Maret 2019,” ujar Dedi.

Kelompok tersebut diketahui juga berkaitan dengan ledakan di Pos Polisi Kartasura, awal Juni 2019 lalu. Ada atau tidaknya kaitan mereka terhadap penyerangan Wiranto, polisi terus memburu sel-sel pelaku teror di Indonesia.

“Densus 88 ini terus melakukan pengembangan terhadap kelompok-kelompok rersebut, Polri bertindak profesional. Kami belum bisa preventif strike kalau bukti permulaan belum cukup. Kalau sudah cukup baru bisa,” kata dia.

“Ini masih kami dalami semuanya, tentu tidak berhenti di sini, masih mengejar mastermind yang mengkondisikan beberapa kelompok tadi. Ada kelompok Jateng, Jatim, Morowali, Sibolga, ada yang di Bandung, Manado dan di Bali,” ungkap dia. [*]

Sumber : Kompas.com

(Visited 568 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan