PKM Kelompok Usaha Tani Tomat dan Cabe di Desa Tumaratas, Kecamatan Langowan

Pelaksana :

Dr. Greis M. Sendow, SE, MAB
Dr. Altje L. Tumbel,SE, MSi
Prof. DR. Stanss LVJ Lapian SE MM

Tujuan  Pelaksanaan PKM

Mitra Sasaran program ini adalah kelompok usaha tani tomat dan Kelompok usaha cabe di desa Tumaratas kecamatan Langowan. Desa Tumaratas Kecamatan Langowan secara geografis sebelah timur berbatasan dengan Desa Tore, sebelah barat desa Apelang. Jumlah penduduk  berkisar 2300 dengan mata pencaharian utama sebagai petani tomat,cabe,padi, kacang merah,bawang merah. Aktivitas pertanian sebagai penyangga bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat, dan mengingat semakin terus bertambahnya kebutuhan akan pangan yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk di desa Tumaratas.

Metode penerapan dilakukan dengan cara pelatihan dan penyuluhan dalam bentuk focus group, serta praktek dan evaluasi  pada Mitra I (kelompok usaha tani tomat ) dan Mitra II (kelompok usaha tani cabe). Berdasarkan permasalahan prioritas  mitra usaha tani tomat dan cabe maka diperlukan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan akan aspek SDM, pemasaran pada kelompok usaha tani tomat dan cabe.

Penyerahan peralatan


Hasil Capaian

Dari hasil focus group yang dilakukan tim penyuluhan kelompok mitra merasa mendapatkan pengetahuan dan nilai tambah dalam menjalankan usaha mereka. Hasil Focus group diskusi dengan salah satu petani cabe mengungkapkan mereka membutuhkan sentuhan dari pemerintah untuk memperhatikan pengembangan usaha mereka didesa dengan membutuhkan peralatan teknologi yang bisa mengembangkan usaha mereka. Kebutuhan mereka juga membutuhkan sentuhan pelatihan dengan cara bercocok tanam, pelatihan pengembangan usaha serta pelatihan SDM dalam memperkuat mereka menjalankan usaha.  Salah satu manfaat bagi petani untuk meningkatkan jiwa entrepreneur ialah dapat membentuk citra diri sebagai petani yang unggul dalam menjalankan usahanya.[*]

(Visited 49 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan