Pemkab Minahasa Fokus Selamatkan Danau Tondano

0
321

METROklik Tondano – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, sangat serius untuk penyelamatan Danau Tondano.

Dibuktikan, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi mempresentasikan Rencana Penyelamatan/Pengelolaan Danau Tondano dan Infrastruktur Penunjang, di Kementerian PPN/BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) Republik Indonesia, Selasa (22/10/2019).

Bupati Minahasa Melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP menyampaikan, strategisnya Danau Tondano bagi kehidupan masyarakat tidak hanya di Kabupaten Minahasa, tapi juga Sulawesi Utara, sebagai sumber air dan pemutar turbin untuk PLTA.

“Ini bisa menjadi objek wisata dan olahraga Danau. Saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa, sedang melakukan pembersihan Danau dan solusi untuk menghalang pendangkalan,” jelasnya.

Diketahui, di Tahun 1939 kedalaman Danau Tondano mencapai 43 meter, dan di tahun 2015 sudah menjadi kedalaman 14 meter, berarti terjadi pendangkalan sekitar 29 meter.

Danau Tondano merupakan salah satu Danau yang menjadi prioritas Nasional. “Pemerintah Kabupaten Minahasa terus berupaya agar dapat mengatasi permasalahan lingkungan di kawasan Danau Tondano,” jelasnya. [rensy]

Editor : Meittie

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here