Warga Minahasa Ini Dikuburkan Pakai Protap Covid-19, Hanya Semalam Dirawat di RS Bethesda

0
769

METROklik – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berumur 46 tahun, asal Kabupaten Minahasa, di Kecamatan Sonder, meninggal dunia di RS Bethesda Tomohon, Senin (13/04/2020).

Diketahui, almarhum yang masuk ke RS Bethesda Tomohon, Minggu (12/04/2020) malam, didiagnosis mengalami bronkopneumonia atau radang paru-paru. Dia kemudian meninggal dunia sekitar pukul 05.40 WITA, Senin (13/04/2020).

Dengan gejala yang ditimbulkan hasil diagnosis pasien langsung dikategorikan PDP, kemudian disolasi di ruangan khusus di UGD RS Bethesda Tomohon sambil dilakukan tindakan medis. Pasien dalam persiapan dirujuk ke RSUP Kandou Malalayang, tapi nyawanya tak tertolong lagi.

Berdasarkan edaran Dinas Kesehatan Provinsi Sulut tentang perubahan protokol screening yang mana semua orang dengan sakit apapun, dengan atau tidak adanya riwayat perjalanan (dari daerah terjangkit) ataupun kontak erat beresiko tinggi tetap discreening dengan foto thoraks (rontgen seluruh bagian dada). Apabila foto thoraksnya menggambarkan adanya peradangan paru atau pneumonia, maka yang bersangkutan langsung ditetapkan sebagai PDP.

“Ini perlu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kewaspadaan di kalangan medis supaya tidak kecolongan. Bahwa ada pasien yang ternyata dirujuk bukan dengan covid, tetapi pada perkembangannya ternyata berkembang menjadi pasien covid,” ujar Jubir Covid 19 Sulut dr Steaven Dandel.

“Nanti akan dibuktikan bahwa yang meninggal ini benar mengidap penyakit covid-19 hanya dengan pemeriksaan Swab tenggorokan, yang hasilnya masih kita tunggu dari lab Kemenkes di Jakarta,” terangnya.

Informasi yang diperoleh, almarhum ditangani dengan protokol penanganan Covid-19 baik dalam perawatan maupun pemakaman, jenasahnya dijemput oleh petugas Dinas Kesehatan Minahasa langsung dikuburkan dihari itu juga. [gau]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here