164 Orang di Tomohon Diduga Kontak dengan Pasien Positif

0
2292

METROklik Tomohon – Hingga kini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tomohon mencatat 164 orang yang diduga mempunyai kontak dengan pasien positif Covid – 19.

“Jumlah hasil tracking mengalami peningkatan, saat ini sudah mencapai 164 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon, Yelly Potuh, Senin (13/4/2020).

Dia mengatakan, data tersebut merupakan gabungan hasil tracking pasien positif meninggal dan PDP baru yang reaktif sesuai hasil rapid test. “164 itu sudah dengan hasil tracking PDP,” terangnya.

Sampai saat ini, dia mengatakan, yang telah melalui pemeriksaan hasil rapid test yaitu 119 orang. “119 orang sudah dilakukan rapid test. Hasilnya tak ada penambahan yang reaktif. Karena hanya dua sampai ini yang reaktif. Sedangkan 117 sisanya nonreaktif,” tambahnya.

Jumlah tersebut pun dikatakannya berpotensi bertambah, lantaran akan tetap dilakukan hasil tracking untuk PDP yang baru. “Untuk PDP yang baru dan dinyatakan reaktif akan kembali dilakukan hasil tracking juga,” terangnya Yelly.

Dia menambahkan pemerintah dan gugus tugas memohon kerja sama dari seluruh masyarakat yang sudah dihubungi, yaitu mereka yang terdata dalam tracking. “Mohon tenang dan tidak panik serta kooperarif. Serta mohon kerja samanya untuk sukarela mendaftarkan diri dan akan diberikan jadwal pemeriksaan,” tukas Yelly.

Tambahnya, bagi yang masuk dalam daftar tracking dan sudah dites wajib melakukan isolasi mandiri. “Tetap isolasi mandiri, sambil terus memonitor status kesehatan secara mandiri. Kemudian turut melaporkan status kesehatan pada puskesmas setempat, sambil menunggu rapid test kedua,” pungkasnya. [gau/chichi]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here