Mengenal Berty Sulangi, Birokrat dan Perupa Sulut

0
756

METROklik – Pelukis dan pematung Berty Sulangi, tak pernah berhenti untuk berkarya. Jebolan IKIP Manado ini, hingga kini sudah sekitar 120-an lukisan yang dibuatnya sejak tahun 1990-an. Karya-karyanya pun sudah banyak terjual hingga keluar daerah.

“Saat ini saya sedang mengerjakan patung Tuhan Yesus setinggi 4 meter di sebuah Gereja di Sulut,” ujarnya, saat berpapasan di lokasi pemeran lukisan virtual koleksi museum dan pelukis Sulut di Dinas Kebudayaan Sulut, Selasa (04/08/2020).

Salah satu lukisan Berty Sulangi, yang menjadi koleksi museum Sulawesi Utara

Perupa Sulut ini, dikenal juga seorang birokrat di Dinas Kebudayaan Propinsi Sulut. Namun ditengah kesibukannya sebagai seorang ASN, dia tetap berkarya untuk menyalurkan bakat seni yang ditekuninya sejak masih duduk di Sekolah Dasar (SD). “Bakat melukis sejak dari SD, dengan mengikuti berbagai lomba melukis hingga SMA,” ucapnya.

Saat ini ada 4 lukisan miliknya yang menjadi koleksi museum Sulut di Dinas Kebudayaan. Namun hanya satu lukisan yang ikut dipamerkan, marupakan karya yang dibuatnya pada tahun 1991. “Lukisan itu saya buat, beberapa bulan kemudian saya diangkat menjadi ASN,” ungkap Berty.

Diketahui, karya-karya lukisan perupa asal Kota Tomohon ini, sudah dipamerkan sejak tahun 1990. Sementara karya-karya patung yang dibuatnya, diantaranya patung Walanda Maramis di Gedung Pikat, Sario. Dan patung Tarian Kabasaran di Jendela Indonesia, Baulevard Manado. Selain itu, karya patung dan relif banyak tersebar di gereja-gereja di Sulut. [hgp]

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here