Distribusi Minyak Goreng di Sulut Dipantau, Ini Hasilnya

0
121

METROklik – Pendistribusian minyak goreng di Propinsi Sulut, termasuk di 15 kabupaten dan kota dipantau serentak. Pemantauan dilaksanakan di tingkat pengecer, distributor dan produsen, Kamis (16/02/2023).

Khusus di tingkat propinsi, pemantauan diikuti oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, koordinator perdagangan barang pokok hasil industri Kementerian Perdagangan RI, Balai pengawasan Tata Niaga Makassar, dan Satgas Pangan Polda Sulut

Sedangkan di tingkat kabupaten dan kota diikuti oleh petugas dinas yang menangani perdagangan kabupaten bersama satgas pangan polres setempat.

Kepala Disperindag Sulut Daniel Mewengkang, mengatakan
objek pemantauan dikhususkan pada minyak goreng rakyat atau disebut minyak goreng DMO (domestic market obligation).

Minyak DMO adalah minyak yang “dijual rugi” oleh produsen minyak goreng, tapi mereka mendapatkan kompensasi hak ekspor sebesar paling sedikit 6 kali dari jumlah yang dijual di dalam negeri atau disebut minyak DMO

“Minyak DMO dijual dalam bentuk minyak curah dan minyak kemasan dengan merek Minyakita. Harga eceren minyak DMO Rp 14 ribu per lter atau Rp 15.500 per kg,” terang Daniel.

Hasil pemantauan di pasar rakyat Manado, lanjut dia, minyak curah tersedia cukup dengan harga paling banyak sesuai HET. Sedangkan Minyakita jumlahnya terbatas, harganya ada yang dijual di atas HET.

Temuan lainnya, didapati ada pengecer yang menjual Minyakita dengan cara ‘bundling’ yaitu mereka mensyaratkan untuk mendapatkan Minyakita harus membeli barang lain.

“Untuk kabupaten dan kota, rata-rata laporannya minyak curah jumlahnya terbatas. Harganya dijual masih di atas HET, apalagi Minyakita, hanya ada di beberapa pasar rakyat kabupaten dan kota dengan jumlahnya sedikit, dan dijual dengan harga jauh di atas HET,” ungkapnya.

Daniel menambahkan, terbatasnya pasokan minyak DMO di kabupaten dan kota, pada hari Jumat 17 Februari 2023, akan dikonfirmasikan oleh Tim Provinsi di 3 pabrik di Bitung, yakni PT Agro Makmur Raya, PT Salim Ivomas Pratama dan PT Multy Nabati Sulawesi. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here