BI Sulut Apresiasi Pengukuhan TP2DD Kota Manado

0
236

Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Walikota Manado Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang, saat memberikan keterangan pers”

METROklik – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut mengapresiasi pengukuhan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Manado, yang telah dikukuhkan, Rabu (17/06/2021) di Kantor BI Sulut.

“Memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Kota Manado yang saat ini TP2DD sudah dikukuhkan,” ujar Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat pada kegiatan HLM TPID dan Pengukuhan TP2DD Kota Manado.

Dia mengatakan TP2DD di Sulut yang terdiri dari 1 Provinsi dan 15 Kabupaten/Kota telah terbentuk. “Tantangan setelah terbentuknya TP2DD adalah menyusun roadmap, dan mengimplementasi roadmap tersebut dalam percepatan dan perluasan penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD),” jelas Arbonas.

Lanjut dia, adapun sesuai Kepres No.3 Tahun 2021 bahwa Tugas
TP2DD antara lain meliputi, pengumpulan data dan informasi perkembangan transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah. Baik yang dilakukan secara tunai maupun non tunai. “Juga analisis dan identifikasi hambatan dan permasalahan terkait pelaksanaan ETPD. Serta menyusun arah kebijakan tahapan pelaksanaan ETPD, proses bisnis dalam rangka pelaksanaan ETPD dan model bisnis dalam rangka
percepatan dan perluasan ETPD,” tandas Arbonas.

Lebih lanjut dikatakan Arbonas, dalam persiapan penyusunan roadmap dan rencana aksi TP2DD, yang telah dibentuk di Mota Manado dan se-Sulut, Bank Indonesia akan memfasilitasi kegiatan capacity building untuk seluruh TP2DD di Sulut dengan menghadirkan narasumber dari Kemenko Perekonomian, Kemendagri, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Bank Jawa Barat yang akan sharing knowledge baik dari level kebijakan maupun level teknis.

“Dengan adanya kegiatan capacity building tersebut, kami berharap roadmap dapat segera tersusun dengan baik, sehingga perluasan elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah akan terbuka melalui berbagai kanal untuk
pembayaran, antara lain Teller, ATM, Mobile Banking, EDC, QRIS serta e- commerce,” paparnya.

Arbonas menambahkan, percepatan dan perluasan digitalisasi daerah membutuhkan kolaborasi aktif dari seluruh pihak, dan yang utama juga adalah optimalisasi peran PT Bank SulutGo selaku pemegang RKUD dalam mendukung implementasi ETPD.
Bekerja sama dengan pemerintah daerah, mulai dari tingkat provinsi,
kabupaten-kota hingga ke tingkat kecamatan.

Kegiatan ini dihadiri langsung Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang. (hgp)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here