Pulihkan Ekonomi, Sulut Tetapkan 10 Prioritas Pembangunan Daerah

0
280

METROklik– Untuk memulihkan ekonomi dampak dari Pandemi Covid -19, Propinsi Sulut tetapkan 10 prioritas pembangunan daerah.

Hal ini dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, pada Musrenbang RPJMD Sulut 2021-2026, yang digelar di Luwansa Hotel and Convention Center Manado, Selasa (29/06/2021).

“10 prioritas tersebut, pembangunan dan perluasan konektivitas, meningkatkan sarana pendidikan yang layak dan adaptif teknologi serta dukungan. Serta dukungan bagi generasi milenial agar memiliki karakter budaya dan intelektualitas yang mumpuni,” ujar Gubernur.

Selain itu, lanjut dia, meningkatkan soliditas dan peran tokoh agama dalam menjaga harmonisasi kerukunan yang telah terbina dengan baik, melanjutkan dan meningkatkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan. Melanjutkan dan meningkatkan kualitas sektor pariwisata yang telah terbukti berhasil menjadi role model nasional serta dukungan bagi UMKM, ekonomi kreatif, pelaku usaha dan sektor riil.

“Juga percepatan pembangunan KEK dan pusat pertumbuhan ekonomi baru, yang akan menciptakan multiplier effect dan lapangan kerja yang luas, memperbanyak fasilitas pelayanan kesehatan di tiap kabupaten/kota. Serta peningkatan kapasitas tenaga medis, iklim investasi dan usaha yang makin kondusif dengan kemudahan regulasi dan sistem perizinan yang tetap berpihak pada lingkungan hidup,” papar Gubernur.

Juga pembangunan berkelanjutan, kemudian percepatan transformasi digital dalam pelayanan publik, regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Serta dukungan pembiayaan ekosistem digital agar Sulut lebih maju sebagai smart province.

Gubernur menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang turun saat pandemi Covid-19 ini, pada Tahun 2026 ditargetkan pada 6,5-7 persen serta angka kemiskinan turun menjadi 4,5-5 persen. (gau)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here