Kualitas Pala Sulut Diakui Pasar Internasianal, Dijadikan Bahan Rempah

0
84

METROklik – Tak dapat dipungkiri kualitas pala Sulut telah diakui pasar internasional. Itulah sebabnya, permintaan ekspor komoditas tersebut terus berdatangan, kendati di masa pandemi covid-19 saat ini.

Baru-baru ini terealisasi ekspor pala Sulut ke Belanda dan Argentina. “Biji pala yang diekspor ke Argentina sebanyak 10,5 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 30.125 dolar Amerika Serikat (AS),” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Edwin Kindangen, (01/08/2021).

Dia mengatakan, ekspor ke Belanda 13 ton dengan nilai 84.539 dolar AS. Kedua negara ini, katanya, sudah menjadi pasar ekspor biji pala sejak lama, sehingga harus dijaga dengan baik.

Dijelaskannya, Pasar Eropa dan Amerika memang penikmat produk biji pala asal Sulut yang dijadikan bahan rempah, farmasi, bahan makanan, dan aroma terapi.

Edwin menjelaskan pala yang diekspor Sulut berasal dari Siau, memiliki kualitas grade A yang sudah teruji dan diminati pasar internasional.

“Di Sulut Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) merupakan penghasil pala terbesar di Sulut dan sudah menjadi primadona berbagai negara. Itulah sebabnya pemerintah terus mendorong agar petani yang ada di Siau, dapat menjaga kualitas palanya,” pinta Edwin. (hgp/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here