Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di Tomohon, Wawali Jadi Irup

0
118

BERTEMPAT di Lapangan Kantor Walikota, Kamis (25/11/2021) Pemerintah Kota Tomohon menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021 yang bertemakan Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara ini adalah Wakil Walikota (Wawali) Tomohon Wenny Lumentut SE.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Lumentut menuturkan, dengan adanya pandemi, guru dari Sabang sampai Merauke terpukul secara ekonomi, terpukul secara kesehatan dan secara batin.

“Tetapi pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan. Guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan, dan kami mendengar,” terangnya.

Lanjut dalam sambutan Mendikbud Ristek mengatakan, Guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi, menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis, menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda, menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi serta Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman.

“Sejak pertama kali kami cetuskan, sekarang Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama. Gerakan ini tidak bisa dibendung atau diputarbalikkan, karena gerakan ini hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Dalam upacara ini, Wakil Walikota Lumentut turut menyerahkan berupa penghargaan Satyalancana Karyasatya Guru secara simbolis.

Ikut hadir dalam upacara, Kajari Tomohon Fien Ering SH MH, Perwira Penghubung Mayor Inf Vino Onibala, unsur Polres Tomohon, bersama para pejabat jajaran Pemkot Tomohon. Hadir sebagai peserta upacara para guru dan siswa siswa sekolah berbagai tingkatan. (advertorial)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here