Penerbangan dari Luar Negeri di Bandara Samrat Diminta Ditutup, Terkait Varian Omicron

0
372

METROklik– Varian Omicron Covid-19, telah masuk di Indonesia. Demi kesehatan masyarakat Sulut, Gubernur Olly Dondokambey (OD), diminta tutup penerbangan dari luar negeri di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado.

Hal ini disampaikan pemerhati kesehatan Sulut dr Sunny Rumawung. “OD diminta tutup penerbangan dari Luar Negeri di Bandara Samrat. Sulut bisa menjadi Epicentrum penularan varian Omicron Covid 19 di Indonesia,” usul Sunny, Jumat (17/12/2021).

Hal ini, menurut dia, didasari dengan makin merebaknya varian tersebut di seluruh dunia. Dan hal ini berpotensi masuk ke Sulut karena Bandara Sam Ratulangi masih dibuka penerbangan dari luar negeri. “Bahkan info terbaru ada 3 WNA asal China yang terdeteksi Positif Omicron walaupun masih bersifat Probable dan akan diikuti dengan test/pemeriksaan lanjutan untuk memastikannya,” ungkapnya.

Sunny mengatakan, untuk mencegah agar varian Omicron tidak sampai memporak porandakan kembali daerah ini, maka mendesak kepada Gubernur Sulut untuk segera mengusulkan ke pemerintah pusat agar penerbangan dari luar negeri yang masuk ke Sulut untuk sementara waktu ditiadakan dulu.

“Cukup varian Delta yang menyebabkan ribuan kasus positif pada gelombang kedua yang lalu, bahkan jumlah kasus varian Delta yang ditemukan di daerah ini sampai November kemarin berjumlah 186 kasus dan ini membawa Sulut menempati peringkat ke 6 dari 34 provinsi yang dimasuki varian tersebut,” tandasnya.

Dia menambahkan, jika penutupan penerbangan dari luar negeri tidak dilakukan, maka kita harus bersiap diri menghadapi gelombang ketiga lagi pasca libur Nataru nanti. (hgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here