Desa Kapoya Launching Program Ketahanan Pangan dan Hewani

0
413

METROklik – Pemerintah Desa Kapoya, Kecamatan Suluun-Tareran, Kabupaten Minsel, dipimpin Pjs. Hukumtua Osty Kojo, melaunching Program Ketahanan Pangan dan Hewani dengan Pagu anggaran sebesar 121.000.000 yang diambil dari 20% Dana Desa, Selasa (5/04/2022).

Melalui Perpres 104 Tahun 2021 bahwa 20% Dana Desa digunakan untuk Program Ketahanan Pangan dan Hewani. Di Desa Kapoya, Kecamatan Suluun-Tareran, program ini direalisasikan dengan Penguatan Ketahanan Pangan dan Hewani dengan Pagu anggaran 121.000.000,- melalui budidaya tanaman Jagung dan Rica serta peternakan babi.

Program kegiatan penguatan ketahanan pangan dan Hewani di Desa Kapoya ini, diawali dengan penentuan lahan yang akan dijadikan objek untuk penanaman Jagung dan Rica serta lahan untuk dijadikan kandang ternak babi.

Selanjutnya tahap awal untuk budidaya tanaman Jagung dan Rica, dimulai dari pembabatan dan pembersihan lahan, kemudian pembuatan lubang tanam, menabur pupuk organik padat sekaligus penanaman, penganggulahan gulma, dan nantinya akan siap dipanen. Dan untuk Hewani dilakukan pembersihan kandang, aliran pembuangan kotoran serta penyediaan pakan ternak, Vaksin, Vitamin dan obat-obatan penunjang lainnya.

Dalam Kesempatan yang ada, Pjs. Hukumtua Desa Kapoya, Osty Kojo mengatakan dalam Budidaya Tanaman Jagung dan Rica serta penanaman Pepaya di bagi dalam 3 kelompok dan untuk Hewani, yakni pemeliharaan ternak babi di bagi 5 kelompok.

“Selain proses budidaya dan pemeliharaan ternak babi, kegiatan ini juga rencananya akan dijadikan tempat edukasi bagi warga terkait penanaman Jagung, rica serta cara berternak babi, dalam memberikan suntikan vaksin, Vitamin, pakan, yang baik sehingga menghasilkan hasil yang maksimal,” jelas Hukumtua. (bella)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here