Pemkab Minsel Canangkan Kampung Sayur, di Kecamatan Modoinding

0
69

METROklik – Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH, hadir pada penanaman perdana benih kentang, dalam rangka kegiatan The Development Of Integrated farming System In Upland Areas ( UPLAND) Tahun 2022, dirangkaikan dengan pencanangan Kampung Sayor di Kecamatan Modoinding, berlokasi di Desa Sinisir, Kecamatan Modoinding, Kamis (04/08/2022).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt Petra Yani Rembang, unsur FORKOPIMDA, Ir Christian Kaparang, MSi Selaku Kepala Seksi Lahan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Dinas Pertanian Kaupaten Minahasa Selatan Feybie Pusung SPt MSi, Staf Khusus Bupati Minahasa Selatan Bidang Ketenagakerjaan Danny Wuisan, Camat Modoinding Patrio M. Tandaju SE.

Bupati Wongkar, menyampaikan bahwa kegiatan UPLAND dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Dan kiranya para petani akan mendapatkan pendapatan yang nantinya akan meningkatkan perekonomian bagi para petani penerima manfaat.

“Dengan kegiatan ini, para penerima manfaat kiranya mengerjakannya secara bersama – bersama, jangan secara sendiri-sendiri. Artinya, kelembagaan harus kuat, selanjutnya masyarkat Modoinding sejak dulu sudah lama mengenal terkait teknik budidaya kentang,” ujarnya.

Namun, lanjut Bupati, melalui program ini diharapkan  sama-sama untuk belajar, agar pengembangan budidaya kentang di Kecamatan Modoinding ada peningkatan. Oleh karenanya, Pemkab Minsel harapkan adanya komunikasi yang baik, antara penyuluh dan petani, sehingga mendapatkan hasil yang baik dari kegiatan ini. Dan terkait pencanangan Kampung Sayor di Kecamatan Modoinding, Pemkab Minsel Akan mencanangkan Kampung Sayor, Kampung Rica, Kampung Seho, Kampung Buah, Kampung Milu, yang akan disesuaikan dengan karakteristik dengan potensi yang ada di tiap kecamatan. “Untuk pencanangan perdana dari  5 Kampung tersebut, yakni Kampung Sayor yang berada di Kecamatan Modoinding,” tandas Bupati.

Dalam Acara tersebut dberikan bantuan Hand Sprayer kepada Kelompok Tani Tetap Jaya, Kelompok Tani Kita Bisa, Kelompok Tani Permata, Kelompok Tani Panji Yosua Berkarya, Kelompok Tani Kaampit Waya. Dan bantuan cultivator kepada Kelompok Tani Masawonganta, juga diserahkan bantuan benih yang diberikan kepada Kelompok Tani Tabita, Kelompok Tani Paar Mayang, Kelompok Tani Serasi Mandiri, Kelompok Tani Kanaan New, Kelompok Tani F Potato, Kelompok Tani lolombulan, Kelompok Tani Perjuangan, Kelompok Tani Kabar Jaya, Kelompok Tani Karyata dan Kelompok Tani Donata. (bella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here