Hardiknas di Kota Tomohon, Walikota Caroll Senduk Jadi Inspektur Upacara

0
81

METROklik – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH, menjadi Inspektur Upacara pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di Kota Tomohon, yang pelaksanaannya, Kamis (04/05/2023) di Lapangan Kantor Walikota Tomohon.

Walikota membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim,
selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ujar Walikota.

Lanjut dia, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” ungkap Walikota.

Dia mengatakan, Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil. “Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar,” tandasnya.

Dia menambahkan, layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini.

Setelah upacara dilaksanakan Launching Program Sahabat Hebat Kurikulum Merdeka oleh Walikota Tomohon yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara. (advertorial)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here