Pemkot Tomohon Peringati Harkitnas, Sekot Roring Jadi Irup

0
83

METROklik – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2023, namun diperingati pemerintah setempat pada, Senin (22/05/2023), bertempat di lapangan Kantor Walikota.

Sekretaris Daerah Kota (Sekot) Tomohon Edwin Roring SE ME, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115 Tahun 2023 di Kota Tomohon

Sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibacakan oleh Sekot Tomohon, seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini, ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Budi Utomo pada tanggal 20 mei 1908.

“Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan republik Indonesia sebagai negara satu, berdaulat, adil, dan makmur,” ujar Roring.

Lanjut dia, Budi Utomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. di samping itu, Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni : memerdekakan cita-cita kemanusiaan memajukan nusa dan bangsa, mewujudakan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Barisan persatuan yang dibentuk oleh Budi Utomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit. Baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan. Dimasa ini, di saat kemerdekaan telah di raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak-mengobarkan api semangat untuk bangkit, demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” papar Roring.

Diketahui peserta Upacara seluruh PNS, Tenaga Kontrak dan Pegawai BUMD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. Hadir juga Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Letnan Dua Inf. Deni Pailah, Kapolres Tomohon yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol. Nofri Maramis, S.H., S.I.K., dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (hep)

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here