ToF 2023, Agenda Utama TIFF, Pukau Puluhan Ribu Pengunjung

0
51

METROklik – 28 Float yang mengikuti Turnament of Flower (ToF) tahun 2023, mampu tampil gemilang sehingga memukau puluhan ribu pengunjung yang menyaksikan langsung agenda bertaraf internasional tersebut, Sabtu (12/08/2023).

Agenda utama Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2023 ini, dimulai sekira pukul 10.00 WITA. Dihadiri langsung Ketua DPR RI Puan Maharani, 42 Dubes Negara Sahabat, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan sejumlah tamu lainnya.

Ke 28 Float ini, masing-masing, Kemenparekraf , PGE Lahendong, Bank Indonesia, Bank BRI, Bank BCA, Bhayangkari Polda Sulut, Middle East, Jepang, Saychelles, Asean, African Union, Eurepean Union, Negara Sahabat, Kabupaten Parigi Moutong, Bank Sulutgo, Bank BNI, PLN, Kota Manado, Kabupaten Sangihe, PT Pupuk Kaltim, PT MSM, Kota Bitung, Kawanua Sedunia, Kabupaten Minahasa, Benteng Jewelry, Kabupaten Minahasa Utara, Pegadaian dan OJK.

Ketua DPR RI Puan Maharani, saat membuka ToF, mengatakan Festival Bunga Tomohon bukan sekedar pameran bunga. Festival ini adalah refleksi dari keberagaman keindahan dan kekayanann alam Indonesia.

“Kota Tomohon harus selalu berbenah diri dalam membangkitkan potensi pariwisata dalam menyambut wisatawan domestik dan mancanegara. Kami berharap festival ini akan membawa Kota Tomohon sebagai kota yang kuat dan hebat, yang harmoni, dan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya,” ucap Puan.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan,
atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari para ambassador yang berkunjung ke Sulut, kurang lebih 42 negara khususnya yang datang ke Kota Tomohon.

Akan halnya Walikota Tomohon Caroll Senduk mengatakan,
gelaran TIFF 2023 melibatkan seluruh potensi masarakat di Kota Tomohon, khususnya dalam iven ToF. Dimana semua bunga yang digunakan untuk kendaraan hias adalah hasil dari para kelompok petani bunga di Kota Tomohon, termasuk para dekorator dari masyarakat Kota Tomohon.

“Dengan begitu, secara langsung juga menggerakan perekonomian masyarakat, dengan terserapnya hasil pertanian bunga dan tenaga kerja. Disamping itu multiplier effect mempengaruhi sektor lainnya seperti hotel, penginapan, restoran cafe biro perjalanan wisata dan lainnya.
Berharap TIFF 2023 ini akan memberi manfaat besar bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon, baik sebelum dan sesudah pelaknasaan TIFF 2023,” papar Walikota. (advetorial)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here