Pemkot Tomohon Bekali Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

0
64

METROklik – Walikota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat – Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Berbasis Masyarakat, di Grand Megfrah Hall Tomohon, Kamis (30/11/2023).

Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan oleh Sekot Tomohon Edwin Roring, kegiatan yang dilakukan saat ini melalui peningkatan kapasitas tim reaksi cepat, merupakan upaya pemerintah dalam menghadapi ancaman bencana serta membangun sinergitas seluruh sektor pentahelix, yaitu pemerintah, dunia usaha, akademisi, media dan seluruh lapisan masyarakat.

“Tim reaksi cepat yang akan dibentuk, memiliki tugas mengkaji secara cepat dan tepat di lokasi bencana dalam waktu tertentu dalam rangka mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan, serta kemampuan sumber daya alam,” ujar Roring.

Lanjut dia, maksud dan tujuan kegiatan ini, yaitu guna lebih meningkatkan peran serta pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dalam penanggulangan bencana, sebagai upaya mitigasi maupun pelayanan kebencanaan serta mempersiapkan dan mengembangkan kapasitas satuan tim reaksi cepat kota Tomohon.

Narasumber kegiatan ini dari Basarnas Manado dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara. Sementara peserta 2 orang tiap lingkungan di kelurahan Se- Kota Tomohon, yang berjumlah 682 orang dan dari unsur BPBD Tomohon 50 orang, total berjumlah 732 orang.

Hadir juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangana Bencana Daerah Kota Tomohon Hengki Supit SIP dan para staf khusus Walikota Tomohon. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here