Galakan Program Marijo Bakobong, BI Panen Bawang Merah di Kotamobagu

0
160

METROklik – Program Marijo Bakobong yang terus didorong oleh Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara melalui Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) Sulut, menunjukkan hasil bagi pemenuhan kebutuhan komoditas strategis seperti bawang merah.

Kelompok Tani Berkah di Kelurahan Pobundayan, Kota Kotamobagu, pada Rabu (10/01/2024) melakukan kegiatan panen raya bawang merah di lahan seluas 5.000 m2 yang diperkirakan menghasilkan lebih dari 5 ton.

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pertanian Provinsi. Sulut, Dinas Pertanian Kota Kotamobagu, dan Lurah Pobundayan Kotamobagu. 

Di samping bawang merah, kelompok tani ini juga melakukan penanaman perdana komoditas tomat di lahan seluas 1,4 ha yang diperkirakan akan membuahkan hasil di Maret 2024. Seluruh hasil panen dari Kelompok Tani Berkah dipasarkan di Kotamobagu untuk mendukung ketersediaan pasokan yang berdampak pada stabilitas harga dan tingkat inflasi, terutama menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024.

Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuka, mengatakan
hilirisasi produk juga dilakukan oleh Kelompok Tani Berkah, bekerja sama dengan kelompok subsisten yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga untuk membuat produk turunan berupa bawang goreng yang bernama Bareng Mami. “Melalui pengolahan produk turunan ini, hasil panen dapat dioptimalkan seiring dengan kesejahteraan yang meningkat,” ujar Andry Prasmuka.

Sementara dikatakan Deputi Kepala Perwakilan BI Sulut¬†Fernando Butarbutar, ke depan upaya pengendalian inflasi khususnya di Kotamobagu perlu terus diperkuat. Mengingat capaian inflasi Kotamobagu cenderung tinggi di akhir tahun 2023 yaitu 3,40% (yoy) yang disebabkan oleh lonjakan harga komoditas barito. “Ketersediaan pasokan perlu terus dijaga baik melalui peningkatan produksi lokal maupun implementasi Kerja sama Antar Daerah (KAD),” ungkapnya. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here