Hilang Hampir 100 Tahun, Lukisan Senilai Rp 851,8 Miliar Ditemukan

0
156

“Lukisan karya seniman Austria Gustav Klimt”

METROklik – Lukisan karya seniman Austria Gustav Klimt, berjudul “Potret Fraulein Lieser” akhirnya ditemukan setelah dikabarkan hilang selama 100 tahun.

Karya seni ini awalnya milik sebuah keluarga Yahudi di Austria dan terakhir kali dilihat publik pada 1925.

Keberadaannya pada tahun-tahun berikutnya tidak diketahui secara pasti, namun lukisan tersebut telah menjadi milik keluarga pemilik saat ini sejak 1960-an. Rumah lelang im Kinsky menilai lukisan itu seharga lebih dari US$ 54 juta atau sekitar Rp 851,8 miliar.

Penemuan ini merupakan peristiwa penting dalam dunia seni, membawa kembali mahakarya yang telah lama hilang menjadi perhatian publik, menurut portal berita.

Menurut Rumah Lelang im Kinsky, sebagai tokoh kunci Art Nouveau Wina, Gustav Klimt melambangkan Modernisme Austria fin de siecle lebih dari seniman lainnya. Karyanya, khususnya potret wanita sukses dari kelas menengah atas pada pergantian abad, mendapat pengakuan tertinggi di seluruh dunia.

Lukisan Klimt menduduki peringkat teratas di pasar seni internasional. Potret wanitanya jarang ditawarkan di lelang. Sebuah lukisan dengan kelangkaan, makna artistik, dan nilai seperti itu belum tersedia di pasar seni di Eropa Tengah selama beberapa dekade. Hal ini juga berlaku di Austria, di mana tidak ada karya seni yang memiliki nilai penting sekalipun.

Sebelum Potret Fraulein Lieser ditawarkan dalam lelang khusus di rumah lelang im Kinsky di Wina pada 24 April 2024, potret tersebut akan berkeliling dunia. Lukisan tersebut akan dipresentasikan di berbagai lokasi internasional. Perhentiannya direncanakan di beberapa tempat termasuk Swiss, Jerman, Inggris Raya, dan Hong Kong.

Setelah dikembalikan ke Wina, lukisan tersebut akan dilelang pada 24 April 2024, atas nama pemilik saat ini (warga negara Austria) bersama dengan penerus sah Adolf dan Henriette Lieser berdasarkan perjanjian sesuai dengan Prinsip Washington 1998. (*)

Sumber : Investor.id

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here