Concern Literasi Keuangan, BI Gelar Goes to School Championship Mapalus Pendidikan 2024

0
85

METROklik – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sulawesi Utara (Sulut) terus concern terhadap literasi keuangan. Kali ini dengan menggelar kegiatan bertajuk Jalan Sehat Goes to School Championship Mapalus Pendidikan 2024,

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulut dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulut, menggalang semangat generasi muda untuk cinta, bangga dan paham (CBP) Rupiah, bertempat di Pohon Kasih Kawasan Megamas, Jumat (31/05/2024).

Kepala KPw BI Sulut Andry Prasmuko, mengatakan BI Sulut sangat concern terhadap literasi keuangan, yang harus dimulai sejak usia dini yakni PAUD, SD, SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi.

“Kami ingin seluruh unsur masyarakat lebih cinta, bangga dan paham akan Rupiah. Selain fisiknya, juga bagaimana menggunakannya,” ujarnya.

Melalui kerja bareng BPMP dan Dinas Pendidikan, Andry berharap dapat memulai literasi secara bersama-sama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Literasi keuangan itu, dilakukan melalui gotong royong dan sinergi di seluruh unsur pemerintah maupun masyarakat. Antara lain melalui lomba-lomba yang melibatkan guru dan siswa, untuk memahami bagaimana mencintai uang Rupiah, bangga menggunakan uang Rupiah serta paham menggunakan uang dengan bijak,” jelasnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut Steven OE Kandouw, yang hadir dalam kegiatan itu menyampaikan terima kasih kepada BI yang menunjukan ikhtiar untuk memberikan literasi ekonomi kepada pelajar.

“Selama dua hari ini, kita diberikan pencerahan, penguatan dan edorsement bagaimana pentingnya literasi ekonomi. Kita sudah diajarkan sejak sekolah bagaimana kita mencintai rupiah,” katanya.

Wagub Kandouw juga berharap terlaksananya digitalisasi ekonomi. Karena sudah buka zamannya lagu membawa uang cash ke mana-mana.

“Kita harus segera melaksanakan digitalisasi ekonomi. Karena sudah bukan zamannya lagi kita tenteng uang cash ke mana mana. Harus digitalisasi ekonomi,” tandasnya sembari mengajak para pelajar untuk belajar menabung bagi masa depan.

“Begitu juga dengan pola pemikiran untuk selalu menabung untuk menyiapkan hari tua kita dari sekarang,” tukasnya. (hep)

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here