Budidaya Nilam Mulai Menjamur di Tomohon, Pjs Walikota Resmikan Tempat Penyulingannya

0
72

METROklik – Budidaya tanaman Nilam tampaknya mulai menjamur di Kota Tomohon. Ini dibuktikan dengan diresmikannya usaha penyulingan nilam oleh Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Tomohon Ir Fereydi Kaligis MAP, bertempat di Kelurahan Walian Lingkungan 8, Rabu (25/9/2024). Usaha ini milik Keluarga Kaligis- Lasut.

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan pertolonganNya maka tempat penyulingan minyak nilam saat ini telah ditahbiskan dan diresmikan dengan keadaan baik dan diberkati Tuhan,” ujar Kaligis.

Lanjut dia, budidaya Nilam yang mungkin diprakarsai oleh Rommy Kaligis dan kelompok tani. Mereka kalau menyuling harus ke Minahasa Selatan namun sekarang bisa menyuling di Kota Tomohon. Dengan adanya budidaya Nilam ini tentu ini sangat menunjang dan membantu perekonomian, pendapatan petani yang mengelolah budidaya tanaman Nilam. Dan untuk penyulingan daun dan batangnya akan menghasilkan minyak atsiri yang berfungsi untuk bahan parfum dan bahan kosmetik.

“Selaku Pemerintah Kota Tomohon saya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Keluarga Kaligis- Lasut dan kelompok tani Nilam Wawo. Kepada kelompok tani marilah kita melaksanakan budidaya ini secara terus-menerus agar supaya penyulingan Nilam bisa berlangsung continue, karena jika bahan bakunya tidak tersedia dengan sendirinya penyulingan akan terhambat,” ucapnya. (hep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here