Mungkin Anda Diantaranya, Ini Data Penganggur di Sulut

 

METROklik Manado – Data resmi yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran terbuka di Sulut masih besar.

Pada Agustus 2018 masih sebesar 6,86 persen. Kepala BPS Sulut, Ateng Hartono mengatakan adapun Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) secara umum mengalami penurunan dalam setahun terakhir. “Kabupaten/kota yang mengalami kenaikan TPT antara lain Minahasa 0,45 poin, Bolaang Mongondow Utara 0,37 poin, Bolaang Mongondow Timur 0,86 poin, Manado 1,03 poin, Bitung 1,36 poin, dan Kotamobagu 0,03 poin,” ujarnya.

Dilihat dari tempat tinggalnya, menurut Ateng TPT di perkotaan tercatat lebih tinggi dibanding di perdesaan. Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, kata Ateng pada Agustus 2018, TPT di perkotaan meningkat, sebaliknya di perdesaan mengalami penurunan. “Hal ini kemungkinan didorong oleh adanya pembangunan sarana dan prasarana di perdesaan serta kemudahan untuk berusaha mikro kecil yang bersumber pada dana desa,” katanya.

Data BPS juga mencatat bahwa berdasarkan kabupaten/kota, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Agustus 2018 cenderung naik bila dibandingkan dengan Agustus 2017. Namun ada beberapa kabupaten/kota yang mengalami penurunan TPAK, yaitu Kepulauan Sangihe 1,09 poin, Kepulauan Talaud 0,44 poin, Minahasa Utara 0,68 poin, Bolaang Mongondow Utara 2,30 poin, Bolaang Mongondow Selatan 0,32 poin, Tomohon 0,97 poin. (*)

Penulis : Meittie
Editor. : Gaudentius

(Visited 24 times, 1 visits today)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan