Peringati Hari Pahlawan, Gerakan #Masadepan Turun Kampung

0
720

 

METROklik Manado – Memperingati hari pahlawan, gerakan #masadepan menggelar aksi turun ke kampung. Aksi ini, juga diwarnai dengan bersih-bersih kampung dan sosialisasi bank sampah oleh Marlon Kamagi.

Kegiatan ini dilaksanakan di pinggir sungai di lingkungan 2, Titiwungen Selatan atau dikenal sebagai Kampung Sanger, Sario, Sabtu (10/11/2018)

Sosialisasi bank sampah

“Kepahlawanan era kekinian adalah memecahkan masalah kekinian. Salah satu masalah kekinian adalah pelestarian lingkungan dan penyelamatan bumi. Pengelolaan sampah adalah salah satu cara menjaga lingkungan. Dan sampah tidak bisa dipandang hanya sebagai sesuatu yang harus dibuang,” ujar Duta Sumolang, koordinator gerakan #masadepan.

Dia mengatakan,sampah itu bisa didaur sehingga tidak menumpuk di TPA. Jika sampah terus menumpuk di TPA maka itu akan memicu masalah baru.

“Melalui gerakan turun ke kampung, selain membuat pemuda dekat dengan persoalan warga, juga memberi sentuhan baru dalam aksi-aksi sosial. Dalam kegiatan ini kita mencoba perspektif ekonomi, dalam gerakan lingkungan,” terang Duta.

Sementara Franko C Wangko, inisiator gerakan #masadepan mengatakan, jika sampah dikelola dengan bijak sampah akan memberikan nilai tambah ekonomi. Ini juga salah satu agenda program ekonomi kreatif di gerakan #masadepan, membentuk simpul-simpul masyarakat yang melakukan pemberdayaan berbasis pengelolaan sampah sehingga berdaya nilai ekonomi.

“Pemilihan tempat acara dipinggir sungai juga bukan tanpa alasan, sungai adalah perlambang peradaban masyarakat kita. Merepresentasikan peradaban menjaga sungai adalah menjaga peradaban. Dengan membuat sungai dan laut kita bersih kita akan membuat Manado menjadi lebih indah dan menarik untuk dikunjungi. Itu akan memberikan dampak tidak langsung terhadap pariwisata dan peningkatan ekonomi warga. Inilah kepahlawanan kita para millenials,” beber Franko.

Dalam kegiatan ini, Happy Silaen, selaku koordinator acara menyerahkan piagam penghargaan kepada Green Community, Kawan Peduli Bumi, Komunitas Mahasiswa Lani Jaya-Papua dan Bapak Marlon Kairagi atas kontribusinya dalam kegiatan ini. Happy Juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Marlon, yang memberikan sosialisasi terkait teknik pemilahan sampah dan aplikasi bank sampah.

Pada kesempatan ini juga dikukuhkan sebagai koordinator bank sampah #masadepan di lingkungan 2, Kelurahan Titiwungen Selatan, Kecamatan Sario. Bapak Herman, yang juga mendapatkan mandat untuk menindaklajuti rencana agar bank sampah dapat secepatnya berdiri di lingkungan tersebut. (*)

Penulis : Meittie

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here