Ini  ‘Janji’ Walikota Minamiboso Jepang di Tomohon

0
520

 

METROklik Tomohon – Kota Tomohon melakukan kerja sama dengan Kota Minamiboso di Negara Jepang. Kerjasama ini pun menguntungkan kedua kota berlainan negara ini.

Diketahui kerjasama ini resmi dilakukan, dibuktikan dengan
penandatanganan surat kontrak tentang pembangunan dan pengembangan agrikultur dengan agrowisata melalui konsep stasiun jalan, pada Jumat (09/11/2018).

“Lewat kerja sama ini akan saling memberi dampak yang positif sehingga dapat menguntungkan kedua pihak, terutama Kota Tomohon dalam pengembangan agrikultur dan agrowisata”, ujar Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, usai penandatanganan.

Lanjut dia, para petani di Kota Tomohon tentu memiliki harapan besar untuk terbukanya peluang dalam meningkatkan pendapatan mereka, melalui diversifikasi outlet penjualan produk lokal seperti pendirian suatu tempat penjualan hasil-hasil pertanian.

“Kami berharap adanya kerjasama ini melalui pengembangan dan pembangunan stasiun jalan, akan sangat bermanfaat, terlebih dalam memproduksi hasil pertanian para petani di Kota Tomohon”, ungkapnya.

Sementara Walikota Minamiboso Jepang Mr Yutaka Ishii menjelaskan, stasiun jalan adalah sebagai tempat istirahat dengan beragam fasilitas, pusat informasi didalamnya fungsi mitigasi bencana, kemitraan, perdagangan, pengembangan pariwisata, tempat pemasaran hasil pertanian dan lain-lain.

“Adanya pembangunan stasiun jalan nantinya di Kota Tomohon, akan meningkatkan status Tomohon sebagai Kota pariwisata sekaligus meningkatkan perekonomian daerah, dan memperkaya fungsi mitigasi bencana apalagi Kota Tomohon daerah rawan bencana seperti erupsi gunung berapi,” jelas Yutaka.

Dia pun berharap, kerjasama Kota Tomohon dan Kota Minamiboso dapat terus bersinergi, saling belajar untuk kemajuan bersama, dan semoga kerja sama ini akan berjalan baik. “Semoga kedua Kota ini akan menperoleh kesuksesan,”
tutup Yutaka.

Kerjasama ini juga melibatkan Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI diwakili Direktur perbandingan holtikultura Ir Sri Wijayanti Yusuf M Agr Sc. (*)

Penulis : Gaudentius

IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here