Ini Himbauan Bupati ROR Pada SKPD, Terkait Penyusunan RKPD

0
595

METROklik Tondano – Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) mengingatkan, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2020 harus terintegrasi dengan program prioritas dan sasaran pembangunan daerah.

Hal itu ditegaskan Bupati saat membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Minahasa di Hotel Mercure Tateli, Mandolang, Jumat (22/3). “Penyusunan RKPD ini adalah yang pertama di era pemerintahan saya dan Pak Wakil Bupati sejak kami dilantik 25 September 2018 lalu. Jadi ini tentunya sangat penting karena merupakan wujud tindaklanjut dari visi misi RR-RD yang didalamnya kita realisasikan janji-janji politik yang pernah kami sampaikan kepada masyarakat saat kampanye lalu,” paparnya.

Di hadapan peserta forum Musrenbang, Bupati meminta agar penyusunan RKPD juga dapat memperhatikan aspek partisipatif publik, yaitu aspirasi-aspirasi yang telah diusulkan masyarakat pada saat pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa, kelurahan dan kecamatan. “Saya berharap produk RKPD ini betul-betul dapat mencerminkan aspirasi dari bawah yang kita kemas bersama visi misi RR-RD, sehingga dapat menjadi acuan program kerja pemerintah. Apa yang telah kami janjikan kepada masyarakat waktu kampanye dulu bisa tercermin setiap tahun melalui RKPD ini,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Minasa, Drs Donald Wagey, selaku penyelenggara kegiatan Musrenbang, mengatakan penyusunan RKPD adalah tahapan awal dalam proses penyusunan APBD tahun anggaran 2020. “Rancangan RKPD pada prinsipnya memuat kerangka ekonomi dengan tujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan prioritas daerah,” jelas Wagey.

Forum Musrenbang ini ikut menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan pakar dan ahli, yang sekaligus memberikan masukan dan usulan bagi Pemkab Minahasa dalam penyusunan RKPD. Para narasumber tersebut yaitu Prov DR Ir Charles Kepel DEA, DR Vecky A J Masinambow SE MS, dan Drs Boaz Wilar. (rensy)

Editor : Gaudentius

IMG-20240405-202949 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240410-095255-0000 Pink-Simple-3-D-Ornament-Valentine-s-Day-Party-Invitation-20240331-112737-0000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here