Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Manado-Bitung Tuntas

0
124

METROklik -Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), didampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Walikota Manado Andrei Angouw dan Walikota Bitung Maurits Mantiri, meresmikan ruas jalan tol Manado Bitung Seksi Danowudu, Jumat (25/02/2022).

Diketahui, peresmian jalan tol ini merupakan seksi akhir dari Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer digelar di Gerbang Tol Bitung, Kecamatan Maesa, Kota Bitung.

“Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” ucap Presiden dalam sambutannya.

Presiden mengatakan, kehadiran jalan tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Manado ke Bitung menjadi sekitar 30 menit dari yang sebelumnya 1,5 sampai dengan 2 jam.

Selain itu, Presiden menuturkan bahwa kehadiran jalan tol tersebut dapat meningkatkan efisiensi waktu pengiriman logistik dari Pelabuhan Bitung ke Kota Manado dan sekitarnya. Selain itu, jalan tol tersebut juga dapat membantu akses menuju ke Kawasan Wisata Likupang, Tondano, dan Bitung.

“Jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung dan nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang apabila Likupang juga sudah selesai semuanya,” jelas Jokowi.

Lanjut dia, selain efisiensi waktu tempuh, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung juga dapat mempermudah akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, sehingga diharapkan dapat menarik investor dan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021, di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” tuturnya. (hgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here