Pemkot Tomohon Tingkatkan Produksi Pertanian

0
32

METROklik – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, meningkatkan produksi hasil pertanian. Ini diwujudkan dengan bantuan benih padi, jagung, pupuk dan alat pengelolaan hasil pertanian, kepada para perwakilan kelompok tani penerima.

Bantuan ini diserahkan langsung Walikota Caroll Senduk SH, di ruang pertemuan Walikota, Rabu (31/8/2022).

Walikota mengatakan, bantuan ini merupakan perhatian Pemerintah Pusat kepada para petani yang ada di Kota Tomohon, melalui bantuan saat ini. “Tentu sangat membantu akan peningkatan hasil pertanian di Kota Tomohon, dan hal ini tentunya kita syukuri bersama,” ujarnya.

Lanjut Walikota, dengan adanya bantuan ini diharapkan akan memberi manfaat yang besar dalam rangka memajukan pertanian di Kota Tomohon.

Walikota pun mengajak, para petani di Kota Tomohon untuk dapat memanfaatkan lahan tidur untuk bertani, dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan. Dengan tujuan, terwujudnya peningkatan produksi komoditas pertanian untuk kedaulatan pangan dan meningkatnya ketahanan pangan.

“Para petani di Kota Tomohon, diminta untuk menyiasati permasalahan pupuk. Artinya petani dapat memanfaatkan pupuk organik dalam pengelolaan pertanian,” pinta Senduk.

Sementara, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon
Steven Waworuntu SSTP, menjelaskan bantuan yang diserahkan saat ini adalah bantuan pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Sulut, yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

Jenis bantuan kali ini berupa benih jagung varietas JH28/29, benih padi varietas inpari 32. Serta bantuan mesin pemipil jagung. Sedangkan untuk pupuk NPK Mutiara, Urea, SP36 dari APBD Kota Tomohon. “Untuk saat ini, penerima bantuan pupuk yakni sebagian kelompok tani yang tersebar di 5 Kecamatan yang ada di Kota Tomohon,” terang Steven. (hgp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here