CSWL Ajak Warga Lebih Pahami Nilai-nilai Pancasila

0
97

METROklik – Walikota Tomohon Caroll Senduk SH (CS) dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE (WL), melalui Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Vonnie Montolalu SPd, mengajak masyarakat Tomohon untuk lebih memahami nilai-nilai Pancasila.

“Nilai-nilai Pancasila ini merupakan ideologi bangsa yang lahir dari nilai-nilai adat istiadat, kebudayaan, dan agama sebagai pembentuk bangsa. Nilai-nilai Pancasila memberikan landasan berpikir dan bertindak dengan memiliki empati dan tanggung jawab bersama,” ujar Montolalu pada kegiatan Sosialisasi Pembumian Pancasila, di Emera Hills Tomohon, Jumat (09/12/2022).

Dikatakannya, Pancasila merupakan konsensus nasional, yang juga telah disepakati sebagai ideologi bangsa. Pada saat ini menghadapi ujian dan tantangan dengan munculnya persoalan-persoalan yang berkembang terkait ke-Pancasilaan.

“Indikator dari masalah yang berkembang yakni Intoleransi berbasis agama yang masih sangat tinggi, maraknya politik identitas, radikalisme dan esktrimisme, merosotnya moralitas publik, serta semakin banyak penyakit hoax dikalangan masyarakat,” jelasnya

Selain itu, lanjut Montolalu, terjadi pula kemunduran peradaban. Dimana globalisasi menjadi salah satu factor terbesar yang semakin hari semakin kompleks. Globalisasi ini berdampak pada penurunan kehidupan social masyarakat, yakni asosial dan hilangnya nilai-nilai kekeluargaan dalam masyarakat sehingga rawan terjadi konflik antar tetangga atau warga lain.

“Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme sekaligus cinta terhadap tanah air, diantaranya kegiatan sosialisasi seperti saat ini,” ungkapnya

Narasumber kegiatan ini, akademisi Drs Boaz Wilar MSi. Sedangkan peserta, para Siswa SMP dan SMA Se- Kota Tomohon. (hep)

hutri < IMG-20240617-WA0052

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here