BI Kembangkan Ekowisata Desa Bahoi, Minahasa Utara

0
55

METROklik – Bank Indonesia (BI) membuktikan sangat peduli terhadap pengembangan pariwisata. Seperti yang terlihat di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Minut, ekowisatanya dikembangkan BI.

Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), di desa tersebut telah diresmikannya kawasan wisata ini oleh Kepala BI Perwakilan Sulut, Arbonas Hutabarat, Senin (05/10/2020).

“BI memiliki PSBI yang merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia dalam pemberdayaan masyarakat yang antara lain meliputi, peningkatan kapasitas ekonomi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan pemahaman publik. Serta kepedulian sosial terkait pendidikan, kebudayaan, keagamaan, kesehatan, lingkungan hidup, dan penanganan bencana,” terang Arbonas.

Dikatakannya, salah satu program PSBI yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut sejak tahun 2019 adalah kepedulian sosial dalam rangka pengembangan pariwisata termasuk Desa Wisata. “Program tersebut sejalan dengan program pengembangan pariwisata Sulut yang dicanangkan Gubernur Sulut dan Walikota/Bupati di wilayah Sulut beserta jajaran, khususnya Dinas Pariwisata serta lembaga atau instansi lainnya yang peduli terhadap pelestarian lingkungan dan pariwisata,” ujarnya.

Lanjut Arbonas meskipun kondisi covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat menjadi tantangan yang besar terhadap sektor pariwisata. Namun pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat menunjang penguatan ekonomi Indonesia. “Pariwisata merupakan penyumbang devisa ketiga
terbesar di Indonesia (setelah kelapa sawit dan batu bara) yang mampu meningkatkan cadangan devisa negara dan menekan defisit neraca transaksi berjalan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, potensi pariwisata yang besar juga terdapat di Sulut dengan besarnya kunjungan wisman
Sulut yang pada tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar 12% dari 1,9 juta menjadi 2,2 juta wisman, dengan potensi devisa sekitar US$ 141,5 juta. “Desa Bahoi yang kita cintai ini berada di wilayah Likupang, Minahasa Utara yang merupakan salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah untuk dimaksimalkan pembangunan pariwisatanya,” paparnya. [gau]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here