Pelatihan Sertifikasi TIK VSGA BPSDMP Kominfo Digelar di Minahasa

0
96

METROklik – Pelatihan dan Sertifikasi Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Vacational School Graduate Academy (VSGA) yang digelar oleh Badan Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) KOMINFO Manado dengan peserta para Alumni SMK di Kabupaten Minahasa. Kegiatan ini dibuka pelaksanaannya oleh Bupati Minahasa yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Teddy Sumual pada Senin, (18/07/2022) di Hotel Yama Resort Tondano.

Kegiatan yang menampilkan Nara Sumber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo, SE, MSi dan Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut Debby Mamangkey, SPd, MAP dengan Moderator Ketua Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Komunikasi Fakulyas Teknik UNIMA Tondano Alfrina Mewengkang, S.Kom, MEng ini, diawali dengan Laporan Kepala BPSDMP Kominfo Manado yang diwakili oleh Marthen Rondonuwu, SSos.

Dalam sambutanya, Staf Ahli Teddy Sumual mengatasnamakan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Dr. (HC) Robby Dondokambey, SSi, MM menyampaikan apresiasi atas kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi VSGA digelar lagi di Minahasa dengan sasaran peserta para alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dikatakannya, dalam persaingan global yang semakin ketat yang di tandai dengan era revolusi industri 4.0 dan era super smart society 5.0 sebagai era yang dapat menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan penyelesaian masalah sosial dengan memanfaatkan sistem yang sangat mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik.

Tentunya harus kita hadapi dan kita sambut dengan mempersiapkan SDM yang memiliki digital skill, karena untuk menyiapkan SDM yang profesional di bidang digital agar lebih unggul dan bersaing, tidak akan cukup kita dapatkan dengan mengandalkan lembaga pendidikan semata, akan tetapi peran pemerintah daerah dan lembaga lainnya seperti BPSDMP Kominfo sangatlah penting dengan menyediakan platform digitalisasi.

“Olehnya kami pemerintah Kabupaten Minahasa sangat mendukung dan siap bersinergi dalam menyukseskan Vocation School Graduate Academy (VSGA) ini, karena program ini memiliki nilai tambah yang sangat besar lagi strategis agar semua memiliki kemampuan dan kompetensi digital, sehingga kedepannya benar-benar dapat menjadi generasi muda digital yang berkualitas lagi unggul sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah” urai Sumual.

Diharapkannya, melalui upaya peningkatan kompetensi seperti kegiatan Vocation School Graduate Academy VSGA ini, berbagai peluang dan potensi strategis terus dimanfaatkan, agar kedepannya dapat menjadi generasi yang kreatif dan inovatif dalam pembangunan industri kreatif melalui platform media digital.

Dalam kegiatan ini, disamping Kadis Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo dan Kabid SMK Dinas Dikda Sulut Debby Mamangkey yang menjadi Nara Sumber, kegitan yang akan berlangsung selama 5 (lima) hari ini juga menampilkan para Instruktur dan Pengajar diantaranya Christofel Kanter, ST, Qurata Ayuni, ST, MKom, Arsyad, SKom, MKom, Sterly Sampe, SPd dan Arsriani Purnama, ST. (RJ)

Media-hut-kota-tomohon-minsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here